6 Tempat Wisata Yang Wajib ! Kalian Kunjungi - SUKOINYO

Baru

6 Tempat Wisata Yang Wajib ! Kalian Kunjungi

Sumantera Barat terkenal dengan bayaknya pulau-pulau dan pantai-pantai.bukan hanya itu sumatera Barat juga banyak memiliki tempat tempat wisata yang indah nan elok di pandang mata.keindahan di negeri minang ini sudah tidak diragukan lagi karna sudah banyak turis turis asing yang mendatangi negeri yg terkenal dengan makanan makanan yang terlezat di dunia seperti “Rendang”.
Berikut tempat tempat tempat wisata yang ada di sumatera barat versi  Suko Inyo.
cekidot .

1.      Jembatan akar – Pesisir Selatan
Jembatan akar adalah jembatan yang di bentuk dengan menghubungkan akar-akar besar diantara dua pohon yang terpisah antara kampung satu dengan yang lainnya yang di pisahkan oleh sungai, jika dahulunya digunakan untuk menyeberang ke kampung sebelah, namun untuk saat ini juga sudah menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan.
Terletak di kampung Pulut-pulut kecamatan Bayang Utara. Objek wisata ini berjarak 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang. Kalau dari kota Padang, Menempuh perjalanan sekitar lebih kurang 2 jam.
Sejarah singkatnya,dulu Jembatan Akar itu di buat oleh Pakiah Sokan alias Angku Ketek bersama masyarakat Desa Pulut-pulut, tempat jembatan ini berada. Di Pesisir selatan, Pakiah Sokan adalah seorang yang berilmu tinggi dan sering memberikan pengajian. Terbit ide untuk membuat Jembatan Akar, setelah titian bambu yang biasa digunakan masyarakat, sering hancur dan diseret air bah bila Sungai Batang Bayang meluap. Bagi Pakiah Sokan, yang tiap harinya memberikan pengajian ke desa seberang (Lubuak Silau), meski jembatan tidak ada, aktivitas tetap bisa dijalankan. Karena dengan segala kepandaiannya, ia bisa berjalan di atas air.




Jembatan Akar - sukainyo

Ngarai Sianok- Bukit Tinggi

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di tengah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Lembah yang panjang dan berkelok-kelok ini terletak di selatan Ngarai Koto Gadang sampai Ngarai Sianok Enam Suku, dan berhenti di Palupuh.
Lembah curam ngarai ini mempunyai kedalaman 100 m dan memunyai panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m. Ngarai Sianok merupakan pemisah pulau Sumatera menjadi 2 bagian yang memanjang atau disebut Patahan Semangko. Sepanjang patahan yang dindingnya sangat curam serta tegak lurus ini membentuk lembah hijau yang merupakan hasil sinklinal (gerakan turunnya kulit bumi).
Ngarai Sianok berada di pusat Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.
Karena terletak di pusat kota, banyak dijumpai penginapan villa dan hotel yang nyaman di sekitar Ngarai Sianok. Jadi sobat tidak perlu takut jika ingin berkunjung kesini,krna sudah tersedia banyak tempat tempat yang akan bikin sobat nyaman berkunjung kesini

  Ngarai Sianok- Bukit Tinggi

Danau Singkarak – Tanah Datar


Danau Singkarak merupakan salah satu dari 3 danau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat selain Danau Maninjau dan Danau Diatas Danau Dibawah. Danau ini terbentang di dua daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak dengan luas 107,8 km2 merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.sampai saat ini masih belum pasti berapa kedalaman dari danau singkarak ini,karna sudah berapa penyelam tidak bisa menemukan dasar dari danau singkarak. Danau ini merupakan bagian hulu Batang Ombilin
Jarak tempuh Danau Singkarak dari kota Padang melalui rute Padang-Solok-Singkarak sekitar 75 km, dan jika melalui rute Padang-Padang Panjang-Kubu Karambie-Ombilin sekitar 100 km. Sementara jika dimulai dari Bukittinggi melalui rute Bukittinggi-Padang Panjang-Ombilin, Danau Singkarak berada pada jarak sekitar 48 km.
Karna keindahannya danu singkarak mejadi tempat penyelenggaaraan  kejuaraan balap sepeda "Tour de Singkarak" untuk pertama kalinya pada tahun 2009.



4.      Laut Mentawai – Mentawai

Di dasar perairan dangkal Kepulauan Mentawai, terumbu karang melingkari kaki-kaki pulau yang terendam laut pantai yang menjulur di tepi pulau pulau Mentawai menyimpan kecantikan alam tropis sebagai zona yang menghubungkan daratan dan perairan sejauh 1.402,7 kilometer, pesisir Kepulauan Mentawai menawarkan beragam bentuk wisata perairan.
Laut mentawai merupakan destinasi wisata untuk para peselancar dunia,karna ombak nya yang bagus untuk para peselancar dunia melakukan hobinya



5.     Danau Maninjau – Agam

Danau Maninjau, orisinalitas karya Sang Maha Pencipta, terbalut keindahan sempurna. Danau yang terletak di Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat ini, menyimpan magnet keindahan yang membangkitkan gairah para pecinta keindahan alam. Danau ini terbentuk dari proses vulkanik akibat letusan Gunung Sitinjau ini sangat patut untuk dikunjungi saat berkunjung ke Sumatera Barat.
Di tepi danau Maninjau, terdapat banyak budidaya keramba ikan patin. Tak heran kegiatan perekonomian Maninjau ‘hidup’ berkat budidaya ikan tersebut. bila tidak ada budidaya seperti ini di danau Maninjau, niscaya perekonomian kawasan Maninjau akan mati.


Lembah Harau- Limapuluh kota

Lembah harau merupakan lembah yang terindah didunia. Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 138 km dari Padang dan sekitar 47 km dari Bukittinggi atau sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.
Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.
Di Lembah Harau ini terdapat air terjun bernama Bunta Waterfall atau secara lokal disebut Sarasah Bunta. Air terjun ini mengalirkan air tawar segar dari dataran tinggi dengan tiga air terjun lainnya di lembah ini. Sarasah Bunta ini mempunyai air terjun yang berunta-unta indah apabila terpancar sinar matahari seperti bidadari yang sedang mandi sehingga dinamakan Sarasah Bunta.



Yuukk,tunggu apalagi mari berwisata ke tanah minangkabau yang kaya akan destinasi dan kekayaan alamnya.(net/int)

No comments